Macam-Macam Obat Kucing Sakit Sesuai Jenisnya

 

Apakah anda memelihara kucing di rumah? Ingat, kalau punya hewan peliharaan harus dirawat dengan baik. Jangan biarkan peliharaanmu kelaparan. Ketika kucing anda sakit, maka segerakan periksa ke dokter hewan. Namun jika anda bisa mengatasinya sendiri di rumah, maka siapkan keperluan medis kucing anda. Salah satu kebutuhan kucing peliharaan yang harus ada di rumah adalah obat-obatan khusus kucing.

Obat-obatan untuk kucing mudah dibeli. Apalagi kucing adalah salah satu hewan peliharaan favorit banyak orang, maka tidak sedikit pet store yang menyediakan perlengkapan dan kebutuhan hewan peliharaan yang lengkap. Agar bisa mengobati kucing sendiri di rumah, anda perlu memiliki persediaan obat kucing sakit yang di antaranya sebagai berikut.

1. Kucing sakit flu

Kalau kucing anda flu, pilek atau demam, anda bisa mengobatinya dengan diminumkan Flucat, Tremenza syrup atau Well. Tetapi jika flu ringan, anda bisa merawat kucing dengan menjemurnya secara rutin di pagi hari, beri vitamin dan beri madu.

2. Kucing sakit mata

Ketika kucing anda mengalami sakit mata, ketahui terlebih dahulu apakah sakit mata yang dialami ringan atau berat. Jika ternyata hanya sakit mata ringan, anda hanya perlu melakukan perawatan pembersihan pada mata kucing sebelum perawatan menggunakan obat-obatan.

Adapun tips membersihkan mata kucing terindikasi sakit, maka anda bisa segera membersihkannya dengan menggunakan kapas yang telah dicelupkan air hangat secara rutin. Akan lebih bagus jika air yang digunakan adalah air rebusan daun sirih.

Lalu jenis obat sakit mata yang bisa digunakan di antaranya adalah salep Terramycin, salep Terra-Cortril, Sagestam, Chloramphenicol, Erlamycetin dan salep mata Cendo Gentamicin 0.3%.

BACA JUGA  Mengintip Harga Dan Perbedaan Versi iPhone 7 vs 7 Plus

3. Kucing sakit telinga

Tidak jarang telinga kucing terkena sakit kutu dan otitis dan masalah kesehatan lainnya. Untuk menghindari masalah yang lebih berbahaya, ada baiknya untuk segera mengobati kucing. Anda harus punya stoknya, misalnya obat kutu telinga seperti Otopain, Vet Otic, Allium Drops dan Ilium Ear Drops. Untuk mengobati otitis, anda bisa menggunakan obat Otilis.

Agar kucing tidak sering mengalami masalah pada telinganya, bersihkan telinga kucing secara rutin agar tidak kotor dan bebas kutu. Namun ingat, bersihkan di bagian luarnya saja, jangan terlalu dalam. Rekomendasi cairan pembersih telinga kucing adalah seperti baby oil atau cairan infus NaCL.

4. Kucing sakit mulut

Sariawan dan masalah gusi pada mulut kucing kerap terjadi. Sebagai perawatan kucing, ada baiknya anda memiliki obat-obatan seperti Kanditanin dan Bufacomb. Selain obat-obatan tersebut, anda juga bisa menggunakan obat herbal alami untuk mengatasi kucing yang sedang sakit mulut. Misalnya anda bisa menggunakan air perasan kunyit untuk diminumkan pada kucing secara rutin dua kali sehari. Pengobatan alami ini dapat mengatasi masalah kesehatan mulut dan gusi kucing.

5. Luka Luar

Anda tentunya tahu, kucing itu suka berkelahi antar sesamanya. Meskipun tampak bermain, lama-kelamaan bakal saling melukai. Kucing sering mengalami luka luar seperti adanya bekas cakaran bahkan terkadang jamuran. Untuk mengatasinya, anda perlu menyediakan obatnya seperti cairan NaCL, betadine cair dan macam-macam salep kucing.

6. Vitamin

Agar kucing anda di rumah senantiasa sehat dan terhindar dari penyakit, sangat penting untuk memberikan nutrisi yang baik. Misalnya saja adalah memberikan vitamin pada kucing. Ada banyak multivitamin untuk kucing yang terpercaya dan berkualitas.

Itulah beberapa obat kucing sakit yang perlu anda miliki di rumah. Kalau sayang kucing di rumah, jangan ragu untuk menyediakan perlengkapan dan kebutuhannya secara lengkap.

BACA JUGA  Vaksin Moderna Hampir Final, Apa Saja Bahan Aktifnya?